Minggu, 19 Oktober 2014

Artikel : Akun Aset



Aset Akun

Aset adalah sumber daya yang dimiliki atau dikuasai oleh perusahaan yang dapat digunakan untuk memberikan manfaat ekonomis di masa depan. Dengan kata lain, aset adalah barang yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan pada masa mendatang atau mempertahankan operasinya.
Hampir semua sistem akuntansi terpisah kelompok asetnya dalam akun yang berbeda. Akun ini disusun dalam kategori lancar dan tidak lancar. Aset saat ini adalah salah satu yang memiliki masa manfaat satu tahun atau kurang. Aktiva tidak lancar memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun.

Berikut adalah daftar dari beberapa aset yang paling umum
ditemukan dalam bagan akun:

Current asset
Kas - Kas adalah aset yang paling lancar yang dimiliki perusahaan. Ini mencakup segala bentuk mata uang yang dapat dengan mudah diperdagangkan termasuk koin, cek, wesel, dan saldo rekening bank.
Biaya Dibayar - Biaya dibayar di muka, seperti asuransi dibayar dimuka, adalah biaya yang telah dibayarkan sebelum waktunya atau ssebelum jatuh tempo. Jika asuransi senilai enam bulan dibayar di muka, perusahaan berhak untuk asuransi (layanan) untuk enam bulan ke depan di masa depan.
Piutang - Piutang merupakan aset yang timbul dari penjualan barang atau jasa kepada seseorang secara kredit. Piutang tersebut merupakan janji dari pembeli untuk membayar penjual sesuai dengan persyaratan penjualan. Penjual memiliki klaim atas kas pembeli sampai pembeli membayar barang atau jasa tersebut.
Wesel Tagih - Catatan janji tertulis untuk membayar sejumlah uang pada jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan. Perusahaan yang memegang catatan yang ditandatangani oleh pihak lain yang tercatat sebagai peminjam atau pembuat wessel. Tidak seperti piutang, catatan piutang dapat menjadi aset jangka panjang  dengan tingkat  bunga yang dinyatakan.
Persediaan - Persediaan terdiri dari barang yang dimiliki perusahaan yang dalam bisnis menjual barang-barang. Sebagai contoh, mobil akan dianggap persediaan untuk dealer mobil karena dalam bisnis penjualan mobil. Mobil tidak akan dianggap persediaan untuk restoran pizza yang ingin menjual mobil pengiriman.
Supplies
(perlengkapan) perlengkapan terdiri dari barang yang dimiliki dan digunakan dalam kegiatan perusahaan yang dapat habis dalam sekali pakai. Contoh seperti pensil, pulpen, perangko dan lain-lain.

Long-term atau jangka panjang
Aset Tetap - Aktiva tetap termasuk peralatan, kendaraan, mesin, dan bahkan komputer. Aset ini umumnya memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun dan biasanya pembelian bisnis lebih mahal.
Aset Tidak Berwujud
Tidak semua aset berwujud. Beberapa asset seperti goodwill, investasi saham, paten, dan situs web tidak bisa disentuh. Namun, aset-aset ini bisa menjadi cukup berwujud.
 Ada banyak lagi jenis aset yang tidak disebutkan di sini, tapi ini merupakan daftar aset dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar