Minggu, 16 November 2014

PERUSAHAAN

PERUSAHAAN

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organuisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir summber-sumber ekonomi dengan tujuan unntuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.

Dari definisi tesebut terlihat bahwa perusahaan mempunya lima unsur penting yaitu organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan, dan perolehan laba/keuntungan.

1.      Organisasi
Organisasi dapat didefinisikan sebagai lembaga sosisal yang terdiri atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan dan secara sadar ditetapkan dan secara sadar dibentuk dan dikoordinasikan dalam melaksanakan  suatu kegiatan tertentu dengan tujuan untuk mencapai hasil-hasil yang telah ditetapkan.
Karena organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang mempunyai pikiran dan berkembang, maka organisasi akan mempunyai suatu bentuk dan ubungan yang bersifat dinamis, yang akan selalu berusaha unntuk menyelesaikan dengan perubahan lingkungan eksternal dan internal.

2.      Produksi
Produksi merupakan suatu kejadian yang dilakukan untuk mengolah suatu bahan atau sumber-sumber ekonomi yang ada agar tercipta suatu produk yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi.
Pada dasarnya produksi dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
       1.    Produksi langsung
a.       Produksi primer (ekstratif):
Yaitu suatu usaha aktivitas produksi yang bisa menghasilka suatu produk dengan menggunakan bahan langsung dari alam. Misalnya: Hasil pertanian, pekebunan dan perikanan.
b.      Produksi sekunder
Yaitu dengan menggunakan bahan yang sudah diolah untuk kembali diolah lagi menjadi barang lebih bermanfaat. Misalnya: pembuatan mobil, sepeda, baju, dan sebagainya.
        2.      Produksi tak langsung
              Yaitu produksi yang tidak menaikkan nilai penggunaan dan bukan dari alam tetapimemberikan                       sumbanngan jasa yang bermanfaat bagi perudahaan.
              Misalnya: Akuntan, Ilmuwan,Satpam, dan sebagainya.

3.      Sumber- sumber ekonomi atau factor produksi
Sumber- sumeber ekonomi yang menunjang pelaksanaan kegiatan perusahaan seperti:
     1.      Sumber ekonomi alam (material dan bahan baku)
     2.      Sumber ekonomi manusia (tenaga kerja)
     3.      Sumber ekonomi modal (dana, mesin dan gedung)
     4.      Sumber ekonomi manajerial (keahlian mengelola)
     5.      Sumber ekonomi lingkungan (social dan budaya)
Sumber-sumber ekonomi tersebut akan diproses dalam perusahaan menjadi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam rangka proses pemuasan kebutuhan inilah maka perusahaan mengharapkan adanya keuntungan yang akan diperoleh sebgai imbalan atas pelayanan yang diberikan perusahaan kepada masyarakat. Dengan demikian bisa diharapkan kalau semakin baik pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan selerea mereka maka akan semakin besar laba yang mungkin dapat dinnikmati perusahaan.

4.      Kebutuhan konsumen
Di sini pengertian kebutuhan meliputi kebutuhan akan barang dan jasa. Sebuah perusahaan tidak akan dapat memenuhi semua kebutuhan manusia, melainkan hanya sebagian saja. Kebutuhan barang dan jasa ini tidak dapat dipenuhi oleh satu macam perusahaan saja melainkan membutuhkan keikutsertaan perusahaan lainnya. Dengan adanya interaksi antara berbagai perusahaan dengan masyarakat atau konsumen menimbulkan adanya kegiatan ekonomi yang bersifat bisnis (orientasi mencapai laba).

5.      Laba/Keuntungan
Laba atau keuntungan bukanlah merupakan tujuan akhir dari suatu perusahaan, melainkan salah satu tujuan yang harus dicapai. Perusahaan yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang yang sebenarnya mempunyai beberapa tujuan secara umum yaitu:
      -          Pencapaian laba maksimum
      -          Kelangsungan hidup (survival)
      -          Pertumbuhan perusahaan (growth)
      -          Prestise
      -          Kesejahteraan masyarakat
      -          Kesejahteraan anggota perusahaan, dan sebagainya.
     Perusahaan melaksanakan koordinasi sumber-sumber ekonomi,ini berarti bahwa perusahaan berusaha          memakai semua sember-sumber ekonomi dengan jalan mengkombinasikan sedemikian rupa sehingga            baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan sumbangan dalam proses produksi maupun            distribusi barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat atau mencari keuntungan.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar