Minggu, 16 November 2014

Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan

TEMPAT KEDUDUKAN DAN LETAK PERUSAHAAN
Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satub faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketepatan pemilihan letak dan tempat perusahaan akan meemberikan bantuan yang sangat bberharga, baik dalam kaitannya dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan maupun dalam kaitannya dengan efisiensi biaya produksi. Dengan demikian, letak dan tempat kedudukan perusahaan harus diputuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap, ditinjau dari aspek ekonomi maupun aspek teknis. Disamping pertimbangan terhadap kebutuhan pada saat pendirian,pemilihan letak dan tempat kedudukan perusahaan harus pula mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan rencana di masa depan dalam hal perluasan pabrik, diverifikasi produksi, daerah pemasaran hasil produksi, perubahan dan perluasan bahan baku, dan sebagainya.
1.      Tempat Kedudukan Perusahaan
Tempat kedudukan perusahan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat keddudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi factor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.

2.      Letak Perusahaan
Letak Perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi factor ekonomi dan merupakan salah satu factor penting yang menujang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Factor-faktor yang mempengaruhi biaya adalah:
·         Harga bahan mentah/bahan pembantu
·         Tingkat upah buruh
·         Tanah
·         Pajak
·          Tingkat bunga
·         Biaya alat produksi tahan lama
·         Biaya atau jasa pihak ketiga

v  Jenis- jenis Letak Perusahaan
a.      Letak Perusahaan yang Terikat Pada Alam
Letak perusahaan yang terikat pada alam pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku. Perusahaan yang berkaitan dengan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak di daerah factor produksi alamnya, seperti perusahaan timah, emas, minyak bumi, dan sebagainya.

b.      Letak Perusahaan Berdasarkan Sejarah
perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Contoh perusahaan bati banyaknya didirikan di Yogyakarta disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam kraton.

c.       Letak Perusahaan yang Ditetapkan Pemerintah
Letak perusahaan ditentukan pemerinta atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan sebagainya. Contoh, letak perusahaan bahan kimia yang berbahaya ditentukan di lokasi yang agak terisolir dari masyarakat sekitar agar limbah perusahaan tidak menggangu masyarakat.

d.      Letak Perusahaan yang Dipengaruhi Faktor-faktor Ekonomi
Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri.Disini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan:
      1.      Ketersediaan bahan mentah
      2.      Ketersediaan tenaga air
      3.      Ketersediaan tenaga kerja
      4.      Ketersediaan modal
      5.      Transportasi
      6.      Kedekatan pasar
      7.      Kesesuaian iklim

Referensi :
M.Fuad, Chirstine H., Nurlela, Sugiarto, Paulus Y.E.F, Pengantar Bisnis, Gramedia, Jakarta, 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar