Minggu, 16 Oktober 2016

PERUSAHAAN E-COMMERCE ALIBABA GROUP

E-COMMERCE (ALIBABA)

Alibaba Group merupakan salah satu perusahaan e-Commerce terbesar dan sukses dari China. Siapapun pasti pernah mendengar atau sudah tidak asing lagi dengan nama Alibaba (https://www.alibaba.com/) ini khususnya bagi kalangan pengguna atau customer e-commerce.
Nah, kali ini saya akan membahas tentang  sedikit tentang salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia ini.

CERITA BERDIRI
Suatu perusahan yang besar dan sukses tentunya pasti  ada orang hebat  yang  sangat berperan dibalik suksesnya suatu usaha maupun perusahaan tersebut. Begitupun dengan Alibaba Group ini, ialah Jack Ma, sang founder dan pendiri Alibaba yang kini menjadi orang terkaya di China dan orang ke dua terkaya di Asia menurut  Bloomberg Billionaires Index. Namun siapa sangka dulu Jack Ma hanyalah guru miskin di China. 
Jack Ma berasal dari Hangzhousebalah bagian tenggara Tiongkok. Dia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Dia dan saudara-saudaranya tumbuh dalam keluarga yang kurang mampu dan yang saat itu Tiongkok Komunis semakin terisolasi dari Barat. Setelah SMA, dia memutuskan untuk kuliah. Dia pernah gagal ujian masuk dua kali, namun berkat usahanya yang keras dengan belajar lebih giat, ia akhirnya lulus ujian ketiga dan resmi menjadi mahasiswa Hangzhou Teacher’s Institute (Sebuah Perguruan Tinggi khusus bidang pendidikan). Dia lulus pada tahun 1988 dan mulai melamar pekerjaan di beberapa perusahaan.
Pada tahun 1995 Jack Ma pergi ke Amerika, untuk bekerja sebagai penerjemah, pada kunjungan pertamanya ke Amerika teman Jack Ma memperkenalkannya dengan dunia Internet, temannya berkata bahwa intenet bisa menemukan informasi apapun, namun ketika Jack Ma menelusuri kata China “bir” di Internet dia tidak menemukan informasi apapun. Saat itulah ia memutuskan untuk membangun sebuah perusahaan internet Republik Rakyat Tiongkok (China).
Pada Maret 1999, 18 pemuda-pemudi (Ma dan timnya) berkumpul di apartemen Hangzhou Barat untuk memulai sebuah bisnis. Mereka mengosongkan tabungan mereka, mengumpulkan RMB 500.000 [sekitar Rp 975 juta], dan bersiap untuk membuat “sebuah perusahaan China global” – Alibaba. Dengan situs ini, Ma berangan-angan menciptakan sebuah fasilitas yang memudahkan aktivitas bisnis pengusaha kecil dan menengah. Setelah mengalami berbagai pasang surut, bisnis Ma akhirnya menunjukkan hasil.Seperti tantangan yang dihadapi perusahaan internet business to business (B2B) lain di dunia, kepercayaan konsumen merupakan kuncinya. Dengan cepat mempelajari kesalahan dan cepat melakukan perbaikan, Alibaba.com sedikit demi sedikit dapat bangkit dan tumbuh besar.
Nama Alibaba sendiri dipilih karena nama itu banyak di ketahui orang, karena Alibaba merupakan salah satu tokoh dari dongeng, jadi semua orang tau tentang Alibaba, seperti yang kita tahu alibaba adalah tokoh yang mencerminkan seorang entrepreneur yang baik hati, cerdas, dan suka membantu orang yang tidak mampu.

PRODUK APA SAJA YANG DIJUAL
Alibaba menjual dan menyediakan berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan kita baik kebutuhan rumah tangga, perkantoran, fashion, kesehatan & kecantikan, elektronik, bahkan otomotif dan kendaraan pun tersedia  sesuai dengan kebutuhan customer dan masih banyak lagi. Alibaba.com merupakan portal yang disusun dalam 44 kategori industri utama, termasuk pertanian, pakaian, fashion, mobil, elektronik dan manian. Dan  masing-masing kategori industri ini dibagi lagi menjadi subkategori.

CARA TRANSAKSI
Alibaba.com adalah sebuah layanan e-commerce yang berfokus pada B2B e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah. Sehingga, usaha mereka dapat berkembang hingga dapat dilirik hingga ke luar China.
Business to Business (B2B) ini merupakan model bisnis ini cukup sederhana, yakni sebuah toko online dengan alamat website (domain) sendiri dimana penjual memiliki stok produk dan menjualnya secara online kepada pembeli.
Alibaba.com memberikan kemudahan bagi jutaan pembeli dan suppliers di seluruh dunia untuk melakukan bisnis online melalui 3 marketplace, yaitu (alibaba.com) yang merupakan pasar  perdagangan global untuk importir dan eksportir; (alibaba.com.cn) yang melayani perdagangan domestik di cina; dan (alibaba.co.jp) yang merupakan perusahaan asosiasi yang memfasilitasi perdagangan dari dan ke Jepang. Yang terbaru Alibaba menawarkan  platform berbasis  transaksi  grosir, AliExpress (www.aliexpress.com), pengiriman cepat dalam  jumlah barang yang lebih sedikit  bagi pembeli dalam jumlah kecil. Diluncurkan pada bulan April 2010, AliExpress menyediakan layanan escrow dan mendukung pembayaran melalui Paypal, Visa, MasterCard atau transfer bank. Bersama dengan itu semua, pasar yang ada telah membentuk sebuah komunitas dengan lebih dari 40 juta pengguna, yang telah terdaftar di lebih dari 240 negara. 

CARA PEMBAYARAN
Cara pembayaran yang umum dipakai di Alibaba ini adalah Transfer bank, Western Union dan Paypal. 
  •  Transfer bank
Jika dengan Transfer Bank  kita bisa mengirimkan pembayaran kita via perbankan online, transfer antar bank, perbankan telepon, atau datang ke bank untuk menyelesaikan pembayaran langsung bagi yang menggunakan uang tunai
  •  Western Union
Western union adalah layanan pengiriman uang lintas negara atau dalam negeri secara real time yang aman dan dengan proses yang lebih cepat.
  • Paypal / eWallets
PayPal adalah salah satu cara pembayaran paling aman dan diterima secara luas untuk pembelian di internet. PayPal mengizinkan kita menggunakan dana dari rekening bank atau kartu kredit kita, dan dapat menggunakannya dengan percaya diri: Transaksi dilindungi oleh sistem pencegahan kejahatan canggih PayPal.

CARA DISTRIBUSINYA MENGIRIM BARANG KE KONSUMEN
Karena Alibaba.com ini menggunakan jenis transaksi B2B yang mana pastinya terdiri dari banyak penjual/seller. Maka, Ada banyak metode pengiriman yang biasanya ditawarkan oleh seller. Mereka umumnya akan menawarkan metode pengiriman yang cepat seperti DHL, fedex dan EMS. Hampir tidak pernah ditemui seller alibaba.com menawarkan pengiriman menggunakan Registered mail yang lebih ekonomis. Jika anda membeli barang dari alibaba.com dengan quantity besar, sehingga memiliki berat/volume yang besar, akan menjadi kendala tersendiri di dalam pengirimannya. Disamping harganya yang mahal, sering pula ditemui kendala saat barang masuk ke Bea Cukai yang berkaitan dengan izin impor. Pembelian barang dalam quantity banyak sering terhadang di Bea Cukai karena pasal izin impor ini. Mereka beranggapan bahwa belanja barang dalam jumlah banyak, kemungkinan besar adalah untuk diperjual belikan lagi. Sehingga pasal izin impor harus dipenuhi.


 SUMBER :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar