Senin, 17 November 2014

Perbedaan Bisnis dan Perusahaan

PERBEDAAN BISNIS DAN PERUSAHAAN
Pertama-tama kita harus mengetahui apa itu bisnis dan apa itu perusahaan. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisinis lainnya untuk mendapatkan laba. Sedangkan perusahaan adalah Suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber ekonomi menjadi barang & jasa. Setiap individu memberikan input yang berbeda dengan reward yang berbeda.
Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui perbedaan bisnis dan perusahaan. Bisnis merupakan suatu unit atau organisasi yang melaksanakan kegiatan menjual barang dan jasa tanpa langsung turun tangan dalam mengolah sumber ekonomi tersebeut dalam usahanya untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Dan perusahaan adalah unit atau organisasi yang didalamnya ikut turun tangan dalam mengolah sumber-sumber ekonomi tersebut dan didalamnya terdapat staff-staff atau bagian-bagian yang mengurusnya.
Tidak seperti bisnis, perusahaan umumnya harus berbentuk secara fisik atau dalam arti seperti memiliki suatu bangunan yang pendiriannya sudah disetujui oleh pemerintah atau badan yang mengurus persetujuan pendirian suatu usaha/perusahaan. Sedangkan bisnis bisa berbentuk fisik ataupun tidak, berbentuk fisik sama seperti yang dijelaskan di perusahaan namun bisa juga tidak membutuhkan perijinan seperti stand-stand kaki lima, dan sebagainya. Dan yang tidak berbentuk fisik contohnya bisnis dalam online shop.
            Dan perbedaan bisnis dan perusahaan selanjutnya adalah, misalnya seseorang memiliki perusahaan ataau pemilik perusahaan menerima modal dari seorang investor. Nah, pemilik modal atau investor ini bukan berarti ia juga pemilik perusahaan namun berarti ia bagian dari perusahaan atau ia berarti melakukan bisnis perusahaan tersebut yang dengan modal yang ditanamkannya bisa menunjang jalannya kegiatan perusahaan atau tujuan yang dijalankan perusahaan.
Jadi bisnis itu bisa dilakukan oleh semua orang yang tanpa harus memiliki atau merupakan pemilik suatu perusahaan. Sedangkan perusahaan bisa dilakukan oleh seseorang atau organisasi yang memiliki hak ataupun yang menjadi pemilik, sedangkan satf-staf didalamnya merupakan bagian perusahaan tersebut.

Nah, itulah penjelasan tentang perbedaan perusahaan dan bisnis. Semoga bermanfaat J

referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar