Senin, 22 Desember 2014

konsep usaha

USAHA CEMAL-CEMIL
Oleh: Yuni Fajarwati


Sekarang ini banyak sekali produk-produk instan yang dijual dipasaran dengan harga terjangkau dan praktis, namun rata-rata kebanyakan mengandung bahan pengawet yang kita tidak ketahui efek sampingnya dikonsumsi terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dan banyaknya peminat dari produk-produk instan tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak, sehingga produk-produk tersebut di gemari semua kalangan.
Dari situ saya melihat sebuah peluang usaha dan terinspirasi untuk menjual dan menciptakan sebuah produk atau cemilan dengan harga terjangkau dan rasa yang akan disukai atau sesuai dengan selera para konsumen dan mendirikan usaha kecil-kecilan atau boleh dibilang perusahaan perorangan.

Mendirikan Badan Usaha (Perusahaan Perseorangan)
Untuk mendirikan usaha tersebut tidaklah sulit karena modal yang dikeluar tidak terlalu besar dan tidak repot dalam pengurusan perizinan. Karena yang dibutuhkan dalam pendirian usaha ini cukup modal, pembukuan, dan membayar pajak. Disini kita mengeluarkan modal sendiri untuk menjalankan usaha, dan mengatur dan bertanggung jawab langsung terhadap usaha yang di dirikan ini. Jika usaha tersebut berlanjut dan lancar mungkin dapat berkembang menjadi CV ataupun PT.

Produk Yang akan Dijual
Dalam usaha ini, saya akan menjual produk berupa cemilan atau makanan ringan seperti variant puding buah, gorengan seperti risol juga cupcake, juga saya akan menjual suatu cemilan yang disebut cheese roll, untuk minuman yang dijual seperti mixed fruit, greentea, susu dan lain-lain. Produk atau cemilan ini dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang alami buah-buahan, sayuran, dan bahan-bahan lainnya yang aman, dan produk ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga diproduksi atau dibuat setiap harinya atau sehari habis. Selain cemal-cemil ini enak untuk dikonsumsi, juga bebas dari bahan pengawet sehinggga konsumen lebih aman untuk mengkonsumi makanan ini juga harganya yang terjangkau sehingga semua bisa menikmati produk cemal-cemil ini.

Cara Pemasaran
Karena tidak mungkin untuk menjual cemal-cemil ini secara online. Maka seperti biasa, cara pemasaran dalam menjual produk ini yaitu dengan membuka stand di dekat-dekat kampus, sekolah, taman, kantor, ataupun tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang. Namun untuk menarik perhatian para konsumen, di setiap stand akan didirikan sebuah booth foto dengan background yang menarik sehingga para pengunjung dapat sambil mengambil foto mereka. Dan untuk kemasan minuman saya memilih cup berwana putih polos dan saya sediakan spidol sehingga konsumen dapat bebas mencoret atau menghias cup sesuai dengan kreatifitas masing-masing.
Dan untuk mempromosikannya saya akan memanfaatkan fasilitas yang ada yaitu melalui jejaring sosial. Saat ini hampir semua orang menjadi pengguna atau user jejaring sosial sehingga para pemilik usaha dapat dengan mudah mempromosikan produknya melalui broadcast message yang tersedia dalam media sosial tersebut. Juga dengan membagikan brosur kepada setiapa orang. Dan juga menyediakan layanan pesan antar ataupun pemesanan bagi para konsumen yang mungkin sedang malas ataupun tidak sempat untuk datang langsung ke stand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar